KATA PENGENTAR
Allhamdulilah puji serta syukur saya panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, karena atas berkah rahman nya, saya penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini tepat waktu yang telah ditentukan.
Makalah ini ditulis dan disusun dalam rangka untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh team TRAINING AND DEVELOPMENT SAT DC BOGOR, sebagai bahan review dari penulis untuk melanjukan jenjang karir dalam hal posisi kerja di toko masing-masing dalam kata lain, sebagai syarat untuk seorang Crew / Pramuniaga untuk naik tingkat / jabatan menjadi Acos ( Grade 5 )
Penulis sendiri mendapatkan bahan dan materi makalah ini dari hasil training yang yang telah diikuti pada tanggal 07 Desember 2016 sampai dengan tanggal 09 Desember 2016, dimana training tersebut diselenggarakan oleh team TRAINING AND DEVELOPMENT SAT DC BOGOR yang diikuti oleh beberapa orang Crew ( Pramuniaga dan Kasir ) utusan toko beberapa toko di area Branch Bogor.
Dalam penulisan makalah ini penulis sadar banyak sekali mendapatkan masukan masukan serta motivasi baik berupa materil maupun moril, maka dari itu penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak pihak yang telah membantu proses penyusunan malah ini, diantaranya, team TRAINING AND DEVELOPMENT SAT DC BOGOR, para personil TOKO SAT CIGUDEG X223/F orang tua serta rekan rekan semua.
Makalah ini berisi tentang kegiatan kegiatan keseharian toko serta para personilnya, atau dengan kata lain adalah opperasional toko, seperti ceklis kebersihan personil toko, proses proses transaksi toko meliputi receive retur dll, serta disertakan juga tentang IKT, dimana ikt adalah suatu pengahrgaan terhadap para personil toko yang telah mampu bekerja secara maksimal dan mampu bersama sama mewujudkan tujuan perusahaan guna memajukan perusahaan.
Bogor, 13 Desember 2016
Anton Patoni Ardi
15012089
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
KATA PENGANTAR . i
DAFTAR ISI . ii
METODE PENELITIAN .iii
LATAR BELAKANG . iv
MAKSUD DAN TUJUAN . v
SEJARAH ALFAMART . vi
VISI, MISI DAN BUDAYA KERJA . vii
STRUKTUR ORGANISASI TOKO X223/F CIGUDEG . viii
ISI ( POKOK BAHASAN )
CEKLIS AKTIVITAS TOKO . 1
PRAMUNIAGA . 1
CEKLIS AKTIVITAS COS . 3
ALUR PROSES TRANSASKI . 5
Proses Pagi . 5
Receive . 6
Retur . 7
Buat PO dan Receive BKL . 8
Proses Malam . 9
IKT
PENGERTIAN IKT . 10
FORMULA IKT . 10
PEMBAGIAN IKT . 11
PERFORMANCE TOKO X223/F CGDE DES 2016 . 11
PENUTUP
KESIMPULAN . 14
DAFTAR PUSTAKA . 15
GALERY . 16
METODE PENELITIAN
Metode penelitian ini meliputi beberapa metode, diantaranya :
Metode Observatif, yaitu dengan cara meninjau langsung lokasi dan dan Objek yang diteliti yang meliputi ruang kerja dan pekerja sendiri (Crew dan COS)
Metode wawancara, yaitu medote yang dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab kepada narasumber yang berkompeten yang bisa menjawab permasalahn- permasalahan pokok yang menjadi bahasan dalam makalah in
Metode browsing, metode yang terakhir ini adalah metode browsing, dimana penulis melakukan browsing di internet untuk mencari sumber sumber referensi yang bisa menguatkan semua argumentasi penulis yang menjadi ini penulisan makalah ini.
LATAR BELAKANG
Sejalan dengan perkembangan jaman yang berlangsung di Indonesia saat ini, dari tahun ke tahun proses pemenuhan kebutuhan hidup terutama yang menyangkut kebutuhan primer atau kebutuhan sekunder sekalipun yang semakin meninkat.
Hal ini menyebabkan manusia yang berperan sebagai konsumen menginginkan proses pembelian barang barang kebutuhan sehari hari agar tercipta dengan mudah, dimana saat kita semua mengenalnya sebagai sebuah tempat belanja yang mudah aman nyaman dan langsung, hal ini yang membuat para pengusaha untuk menanamkan modalnya dibidang retail serta memperluasnya.
Minimarket adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan produk produk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari secara eceran.
Banyaknya kebutuhan primer dan sekunder yang harus dipenuhi oleh para konsumen menyebabkan konsumen menginginkan proses pembelian secara mudah, harga yang realtif murah tempat yang nyaman dan lokasi yang mudah dijangkau, maka dari itu Alfamart hadir dan mencoba memenuhi semua harapan para konsumen dan pelayanan yang terbaik.
MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud
Maksud dari penyusunan ini adalah untuk memenuhi tugasyang telah diberikan oleh team Training And Development Sat Dc Bogor sebagai rangkain proses training yang akan mendukung penulis pada proses review dan profiling untuk naik tingkat (grade) dan jenjang karik penulis dalam posisi kerja di perusahaan
Tujuan
Tujuan dari penysunan maklah ini adalah agar penulis paham dan mengerti akan tugas dan tanggung jawabnya nanti setelah lulus dan naik jabatan dimana tugas yang tanggung jawabnya akan lebih sulit dari tugas dan tanggung jawab sebelumnya, oleh karena dengan disusunnya makalah ini diharapkan penulis sudah paham dan tau apa yang akan di kerjakan nangtinya.
Selain dari itu juga sebagai paham patokan dan acuan baik penulis maupun pembaca karena dalam makalah ini dibahas beberapa proses proses kegiatan keseharian aktivitas kerja di toko yang meliputi proses proses transaksi dan lain nya.
SEJARAH ALFAMART
PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk. Atau lebih dikenal ALFAMART didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudia mayoritas kepemilikannya dijual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989.
Tahun 1994 kepemilikan berubah menjadi 70% PT. HM Sampoerna Tbk dan 30% PT. Sigmantara Alfindo ( Keluarga Djoko Susanto ).
Tahun 1999 Alfaminimart mulai beroperasi di jalan Beringin Jaya, Karawaci, Tangerang Banten.
Tahun 2003 Alfaminimart berubah nama menjadi Alfamart, kemudian pada tahun 2005 jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam 6 tahun.
Tahun 2006 PT. HM Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikan menjadi PT. Sigmantara Alfindo 60% dan PT. Cakrawala Mulia Prima 40% mendapat sertifikat ISO 9001:2000 untuk sistem Manajemen mutu.
Saat ini Alfamart merupakan salah satu yang terdepan dalam usaha ritel, dengan melayani lebih dari 2,1 juta pelanggan setiap harinya di hampir 6000 gerai yang tersebar indonesia.
Alfamart menyediakan barang barang kebutuhan pokok dengan harga harga terjangka, tempat belanja yang nyaman, serta lokasi yang mudah dijangkau. Didukung lebih dari 60.000 karyawan menjadikan Alfamart salah satu pembuka lapangan kerja terbesar di Indonesia.
VISI, MISI DAN BUDAYA KERJA ALFAMART
VISI
Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimilki masyarkat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global.
MISI
Memberikan kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakan tingkah laku / etika bisnis yang tertinggi.
Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.
BUDAYA KERJA ALFAMART
Integritas yang tinggi
Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik
Kualitas dan produktivitas yang tertinggi
Kerjasama team
Kepuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang tertinggi.
STRUKTUR ORGANIGRAM
TOKO X223/F CIGUDEG
SAT DC BOGOR
CEKLIS AKTIV ITAS TOKO
PRAMUNIAGA
Shift I
No
Aktivitas
Waktu (WIB)
Durasi (Menit)
Dilakukan Oleh
1
Nyalakan lampu sales, matikan lampu parkir
06.30-06.31
1
PRAMUNIAGA
2
Nyalakan komputer server dan pos utama serta proses pagi
06.31-06.41
10
3
Buka toko (Pintu Utama, Folding gate)
06.41-06.46
5
4
Menyapu halaman (area parkir)
06.46-06.51
5
5
Menyapu area sales
06.55-07.01
10
6
Absensi
07.01-07.06
5
7
Breafing
07.10-07.25
15
8
Srapan
07.25-07.55
30
9
So barang rawan hilang (minyak goreng + galon)
07.55-08.25
30
10
Minta laporan perubahan harga dan planogram untuk di update
08.25-09.25
60
11
Bantu pejabat so partial sesuai jadwal
09.25-10.25
60
12
Full display dan faccing out
10.25-11.25
60
13
Pengawasan di area sales
11.25-11.55
30
14
Kebersihan rak
11.55-12.30
35
15
Sholat Dzuhur
12.30-13.00
30
16
Makan siang
13.30-14.00
30
17
Cek display prdoduk
14.00-14.10
10
18
Bantu kasir transaksi + packing
14.10-14.30
20
19
Tukeran receh
14.30-15.00
30
20
Rapihkan gudang
15.00-16.00
60
21
Selesai, Absensi pulang
16.00-, ….
5
TOTAL
541
Shift II
No
Aktivitas
Waktu (WIB)
Durasi (Menit)
Dilakukan Oleh
1
Absensi masuk
14.00-14.05
5
PRAMUNIAGA
2
Menyapu area parkir
14.05-14.10
5
3
Menyapu area sales, teras dan selasar
14.10-14.25
15
4
Mengepel area sales, teras dan selasar
14.25-14.55
30
5
Breafing
14.55-15.10
15
6
SO minyak sayur + galon aqua
15.10-15.30
20
7
Sholat Ashar
15.30-15.50
20
8
Display produk di area sales
16.00-17.20
80
9
Pengawasan
17.20-17.50
30
10
Sholat magrib
17.50-18.10
20
11
Kebersihan rak display
18.10-18.55
45
12
Bantu packing dan transaksi kasir
18.55-19.10
15
13
Kebersihan (menyapu area sales)
19.10-19.30
20
14
Facing out
19.30-19.50
20
15
Makan
19.50-20.10
20
16
Merapihkan area gudang
20.17-21.27
70
17
Cek diplay produk di area sales
21.27-21.37
10
18
Kebersihan ( menyapu dan mengepel area sales teras dan selasar) serta menyapu area parkir
21.37.22.07
30
19
Absensi pulang
22.07.22.08
1
20
Selesai, tutup toko (kunci dan gembok pintu utama serta folding gate) serta matikan lampu area sales,selasar dan matika AC
22.10-……
15
TOTAL
486
COS
Shift I
No
Aktivitas
Waktu (WIB)
Durasi (Menit)
Dilakukan Oleh
1
Buka toko
06.30-06.35
5
ACOS
2
Proses pagi
06.35-07.00
25
3
Kebersihan
07.00-07.09
9
4
Absen
07.09-07.10
1
5
Breafing
07.10-07.25
15
6
Cek kerapihan area sales
07.25-07.55
30
7
Sarapan
07.55-08.15
20
8
So parsial
08.15-09.15
60
9
Ngasirin
09.15-09.45
30
10
Bersihin gondola
09.45-10.30
45
11
Cek perubahan planogram
10.30-10.50
20
12
Ngasirin
10.45-11.45
60
13
Full display
11.45-12.30
45
14
Sholat + makan
12.30-13.30
60
15
Cek kerapihan toko / ceklis crew
13.30-14.00
30
16
Settel E-trans perjam
14.00-14.15
15
17
Clerek
14.15-14.30
15
18
Hitung brangkas
14.30-15.00
30
19
Serah terima brangkas
15.00-15.15
15
20
Rapihkan area belakang + pulang
15.15-16.00
45
TOTAL
575
Shift II
No
Aktivitas
Waktu (WIB)
Durasi (Menit)
Dilakukan Oleh
1
Stay di toko
13.30-14.00
30
ACOS
2
Absen
14.00-14.05
5
3
Nyapu
14.05-14.15
10
4
Display
14.15-14.30
15
5
Bersihin gondola
14.30-15.00
30
6
Serah terima brangkas
15.00-15.30
30
7
Sholat
15.30-15.50
20
8
Update perubahan planogram
15.50-16.45
55
9
Ngasirin
16.45-18.00
75
10
Sholat
18.00-18.30
30
11
Istirahan ( makan )
18.30-19.00
30
12
Full display
19.00-20.30
90
13
Ceklis crew
20.30-20.45
15
14
Settle E-trans
20.45-21.00
15
15
Hitung ulang brangkas
21.00-21.15
15
16
Clerek
21.15-21.45
30
17
Proses malam dan rekap fokus
21.45-22.15
30
18
Hitung brangkas
22.15-22.45
30
19
Odner file
22.45-23.00
15
20
Pulang / tidur di mess…
23.00-……
-
TOTAL
570
ALUR PROSES TRANSAKSI
PROSES PAGI
RECEIVE
RETUR
BUAT PO DAN RECEIVE BKL
PROSES MALAM
IKT
PENGERTIAN IKT
Ikt, atau Insentif Kinerja Toko menurut kamus besaer bahasa indonesia, insentif merupakan tambahan penghasilan (uang, barang dan sebaginya) yang diberikan untuk meningkatkan gairah dan motivasi kerja.
Dalam progress kerja Alfamart insentif diberikan kepada tokon yang berhasil mencapai target toko yang telah diberikan, adapun poin – poinnya meliputin pencapain STD, APC, GM, NBH dan Transaksi E-trans
FORMULA IKT
No
Program
Target
Bobot
Tolak
Acv %
Score
Kerja
Ukur
1
STD
100%
30
4
>110%
3
>100-110%
2
=100%
1
<100%
2
APC
100%
20
4
>100%
3
>100-110%
2
=100%
1
<1005
3
NBH
100%
15
4
<95%
3
<100-95%
2
=100%
1
>100%
4
E-TRANS
100%
15
4
>110%
3
>100-110%
2
=100%
1
<100%
5
GM
100%
20
4
>110%
3
>100-110%
2
=100%
1
<100%
TOTAL
100
NILAI SCORE (%)
Score = tolak ukur x bobot
Acv = avg/target x 100%
PEMBAGIAN IKT
NILAI
COS
ACOS
CREW
>3,5
200.000
175.000
150.000
>3,0-3,5
125.000
100.000
75.000
>2,5-3,0
100.000
75.000
50.000
<2,5
HASIL NOL (TIDAK DAPAT IKT)
PERFORMANCE IKT
Target bulan Desember 2016
STD : 323
APC : 47
GM : 14,92
NBH : -477.179
E-TRANS : 43,95
AVG/ACV bulan Desember 2016 ( sampai 23-12-16 )
STD : 342 / 105%
APC : 42 / 92%
GM : 14,02 / 94%
NBH : -832.778 / 174%
E-TRANS : 1.375 / 31,2
No
Program
Target
Bobot
Tolak
Acv %
Score
Kerja
Ukur
1
STD
100%
30
4
>110%
3
>100-110%
105
90
2
=100%
1
<100%
2
APC
100%
20
4
>100%
3
>100-110%
2
=100%
1
<100%
92
20
3
NBH
100%
15
4
<95%
3
<100-95%
2
=100%
1
>100%
174
15
4
E-TRANS
100%
15
4
>110%
3
>100-110%
2
=100%
1
<100%
31,2
15
5
GM
100%
20
4
>110%
3
>100-110%
2
=100%
1
<100%
94
20
TOTAL
100
NILAI SCORE (%)
160
STD = 105 x 90
100
= 94,5
APC = 92 x 20
100
= 18,4
GM = 94 x 20
100
= 18,8
NBH = 174 x 15
100
=26,1
E-TRANS = 31,2 x 15
100
= 4,68
IKT
= 94,5 + 18,4 + 18,8 + 26,1 + 4,68
100
= 162,48
100
= 1,6248
Total yang didapat dari hasil perhitungan menunjukan 1,6248 itu menunjukan toko Cigudeg untuk bulan Desember 2016 tidak mendapatkan IKT, karena score yang harus didapat untuk mendapat IKT adalah 2,5.
KESIMPULAN
Alfamart adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang retail yang berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dan semua harapan – harapan maysrakan / konsumen ( kebutuhan sehari – hari ), maka untuk dapat memenuhi harapan masyarakat tersebut dibutuhkan kerja sama team dalam satu lingkungan(toko) supaya opperasional perusahaan ( toko ) dapat berjalan dengan lancar.
Maka dengan dibentuknya struktur organisasi diharapkan semua peronil dapat bekerja sesuai jobdesk nya masing – masing, selain itu juga disusun ceklis aktivitas baik itu crew maupun pejabat, supaya kegiatan keseharian selama ditoko dapat terorganisir dengan baik sesuai harapan sesuai tujuan tepat waktu dan efisien.
Dari banyak kegiatan keseharian kita ditoko, ada 3 prose yang perlu kita perhatikan, dimana 3 proses itu merupakan inti dari semua aktivitas kita ditoko, dimana proses itu meliputi proses pagi, transaksi dan proses malam.
Proses pagi merupakan proses yang dilakukan diawal saat kita buka toko sebelum melakukan aktivitas transaksi.
Transaksi meliputi penerimaan barang dan pengeluaran barang ( penjualan dan retur)
Proses malam merupakan proses akhir dari semua kegiatan transaksi ditoko, dengan kata lain adalah penutupan atau tutup toko untuk hari itu yang disebut juga End Of Day ( EOD ).
Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai personil toko diharapkan kita mampu bekerja maksimal sesuai harapan dan tujuan perusahaan, maka dari itu perusahaan memberikan rangsangan untuk mewujudkan itu semua dengan cara memberikan reward atau penghargaan berupa IKT ( insentif Kinerja Toko), IKT diberikan kepada toko yang telah memenuhi target yang telah ditentukan perusahaan, yang ditentukan dengan nilai score 2,5 toko dengan nilai 2,5 lebih berhak mendapatkan ikt.
DAFTAR PUSTAKA
GALERY
p
BalasHapusbisa minta softcopy makalah nya ngk??
BalasHapussaya butuh makalah nya. tolong kirim ke adityaryan62@gmail.com
formulanya ngacak???
BalasHapusKirim aja gpp
HapusKirim
HapusTolong minta softcopy makalahnya, ke fikrilrp91@gmail.com
HapusBisa minta tlong pak/bu ini model projectnya dkirim ke email ini ?
BalasHapusIni email nya
BalasHapusanchahamzah60@gmail.com
Pak buk bisa kirim foto copy makalahnya ke email yesiwiskipangestu@gmail.com
BalasHapusPak bu tolong kirim dong ke email ini muhdickyreynaldi@yahoo.com
BalasHapusPa tolong minta kirim ke email saya juga
BalasHapusJahyudinyuyud@gmail.com
HapusKirim copyannya donk kak
BalasHapusTolong kirim Copyannya
BalasHapusMinta copy annya dong pak. erickyunanto05@gmail.com
BalasHapusKirim dong bang ke e mail saya
BalasHapusJhonhadi96@gmail.com
Mas tolong kirim ke email saya novalpratama29@gmail.com
BalasHapusPak bisa tolong kirim ke email saya rieayie14@gmail.com
BalasHapusMakasih pak sebelumnya
Mohon maaf saya baru buka blog ini lagi, baut temen temen yang mau soft copy nya boleh di email saja ke saya
BalasHapusantonalfath@gmailm.com
Soalnya saya jarang buka blognya
Maaf sekali lagi
Mau tanya masalah PDM di alfamart itu hak sepenuh ny untuk kasir atau untuk menggantikan NBH y ?
BalasHapusTolong pencerah ny untuk yg mengerti
Boleh minta file y pak kirim ke alamat mahdisaputra67@gmail.com
BalasHapusMohon maaf pa/ibu
BalasHapusSaya mau copy paste contoh makalahnya, boleh dikirim ke email saya?
@mufaidahdeta@gmail.com
Trmksh pak/ibu
.
BalasHapusBang tlg prenstase kan
BalasHapusSyart mnang IKT
Apa itu net profit.
Dan bgaimana mngendalikan nya
Supaya NET PROFIT BSA 100%
Sama hal nya. NET SALES.E-VCHER SPYA BSA 100% DAN GM BSA 95% .
Cara MNDPT KN STD.APC.SPD.itu gimana.
bang .
Tlg bng bsa bantu🙏
Izin bantu kirim contoh file makalah ini ke email yulyantineti@gmail.com
BalasHapusPak tolong kitim fotocopiy.an ke imail saya pak. Tentang makalah IKT.
BalasHapusKak bisa mintak file nya kak kirim ke dewiaprilliani95@gmail.com kak tolong kak
BalasHapusKak boleh saya minta bagi softcopy filenya? Boleh di kirim ke zamara.u07@gmail.com
BalasHapusTerimakasih
Permisi kak/min, boleh saya minta softcopy nya? Kalau bersedia bisa kirim ke email saya syaifulsyarif318@gmail.com
BalasHapusTerimakasih banyak .
Malam gan ..mohon bantuannya utk kirim sofcopyannya makalh ini di email ruditustonsi94@Gmai . Com🙏
BalasHapusgan minta tolong bantuannya utk kirim softcopyannya makalah ini ke email thelast.quincys@gmail.com
BalasHapusBang batu kirimin softcopy nya si please ke email alelilik123@gmail.com
BalasHapusTerimakasih
Minta softcopy nya bang
BalasHapusYang punya softcopy nya... Minta donk
BalasHapushariesalfiansyah@gmail.com
Boleh minta softcopynya
BalasHapuskak
Boleh minta softcopy makalahnya kak kirim ke email destaayumelinda95@gmail.com trmksh
BalasHapusBoleh minta softcopynya kk
BalasHapus@email: lastiurpurba635@gmail.com